counter easy hit Jangan Panik!! Inilah Cara Melacak HP yang Hilang - mercedesyoga.com

Jangan Panik!! Inilah Cara Melacak HP yang Hilang

Mengetahui cara mencari hp yang hilang barangkali diakui tidak penting atau belum dibutuhkan untuk sebagian orang. Padahal sebaliknya, hal ini sangat penting lho. Disarankan bagi setiap pengguna smartphone untuk tahu cara ini sehingga nantinya tidak panik atau bingung saat benar-benar ada di keadaan ini.

Kehilangan hp memang sangat bisa memicu kepanikan, bahkan jika hp itu adalah satu-satunya yang Kamu punyai. Walaupun kejadian ini bisa memberikan pengalaman yang membuat stres, tetapi ada cara kok untuk sedikit meringankannya. Setidaknya inilah delapan cara yang bisa Kamu coba.

Cara Melacak HP yang Hilang

Hp Kamu kemungkinan merupakan perangkat paling pribadi yang Kamu punyai, yang memuat sejumlah besar informasi pribadi mulai dari foto, rekaman video, catatan keuangan, sampai dokumen pekerjaan. Belum lagi, membeli hp baru juga termasuk pengeluaran tak terduga yang cukup mahal.

Jika hp Kamu hilang, pertama jangan panik! Jika sudah sedikit tenang, coba ikuti salah satu dari beberapa cara dalam daftar di bawah ini. Tenang, barangkali besar hp Kamu bisa ditemukan kok, asalkan Kamu mengikuti langkah-langkah yang benar seperti berikut:

1. Gunakan Fitur Bawaan Android Bernama Google Find My Device

Setiap smartphone dengan OS Android, apapun model dan merknya, selalu dilengkapi dengan alat bawaan yang bernama Google Find My Device, yang bisa Kamu gunakan untuk mengunci hp dari jarak jauh dan mencari lokasi dari hp itu.

Alat ini merupakan suatu perangkat keras yang terpasang di setiap Android dan disambungkan ke perangkat lunak yang sesudah itu bisa Kamu akses dengan sangat mudah.

Jika Kamu ingat, saat pertama kali mengaktifkan Android baru, Kamu akan diminta untuk login ke akun Google, bukan? Nah, saat login inilah Kamu juga sudah otomatis mengaktifkan / menghidupkan fitur tadi.

Tetapi jika ingin memastikan bahwa fitur itu benar-benar sudah aktif, Kamu juga bisa lakukan pengecekan manual dengan langkah-langkah seperti berikut:

  • Nahh langkah yang pertama yaitu Masuk ke bagian menu Pengaturan / Settings.
  • Kemudian Pilih sub menu bernama Security and Privacy / Keamanan dan Privasi, lalu pilih Device Administrator.
  • Selanjutnya cari tulisan Find My Device, dan tepat di sebelah kanan tulisan ini ada sebuah tombol yang bisa digeser (berwarna hijau saat menyala), tapi kadang juga sebuah kotak kecil yang perlu dicentang.
  • Jika sudah memastikan bahwa fitur Find My Device tadi benar-benar aktif, selanjutnya selalu aktifkan GPS di Android Anda. Karena jika GPS dalam keadaan mati, maka lokasi dari Android Anda tidak akan bisa terlacak, sehingga saat hilang jadi tidak bisa ditemukan lagi.

Kamu bisa klik peta itu untuk melihat detail dari lokasinya. Tergantung pada lokasi yang ditampilkan di layar, Kamu mempunyai tiga opsi nih untuk lakukan tindakan selanjutnya, yaitu:

  • Putar Suara
  • Amankan Perangkat
  • Hapus Data

2. Gunakan Factory Reset Protection

Untuk Android 5.0 Lollipop, Google sudah memperkenalkan Factory Reset Protection (Frp). Fitur ini dirancang untuk menghindari pencurian ponsel Kamu, menghapus data-datanya, dan lantas menggunakannya atau menjualnya.

Jika Kamu mengatur lagi ponsel dengan Frp, orang yang memegang hp Kamu akan diminta untuk memasukkan julukan pengguna dan kata sandi untuk akun Google paling akhir yang terdaftar di hp itu.

3. Lacak dengan Email

Syaratnya pun sama, yaitu Kamu harus tahu / hafal dengan username dan juga kata sandi email yang ada di Android Kamu. Berikut caranya:

  • Langkah Yang pertama adalah Buka browser Google Chrome dari laptop atau smartphone lain, lalu buka halaman https://www.google.com/intl/id/gmail/about/.
  • Cari tombol Login dan klik, kemudian ikuti perintah selanjutnya yang tampil di layar.
  • Jika sudah berhasil login, klik Google Apps (ikon sembilan titik bentuk persegi yang ada di sudut kanan atas layar, kemudian klik menu bernama Find My Device.
  • Selanjutnya layar perangkat akan memberi tampilan yang sama persis seperti saat Anda melakukan cara pertama tadi. Menu-menu yang muncul juga sama persis yaitu Play Sound, Secure Device, dan Erase Device. Pilih salah satu opsi sesuai yang Anda butuhkan.

Kehilangan hp memang bisa sangat membuat kita khawatir mengingat banyaknya informasi pribadi dan barangkali juga foto yang tersimpan di dalamnya. Untungnya, ada banyak cara mencari hp yang hilang, baik di perangkat iphone dan Android, atau bahkan hp non smartphone.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *