• Home
  • Ini Contoh Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan, Jangan Dilewatkan!

Ini Contoh Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan, Jangan Dilewatkan!

Berkaitan erat dengan semakin maraknya berbagai pinjaman yang dimanfaatkan dan dipilih oleh masyarakat, informasi tentang bunga pinjaman pun semakin dibutuhkan. Ditambah lagi, jika ternyata ada yang baru mengajukan pinjaman untuk pertama kalinya dan mengalami kesulitan terkait dengan perhitungan bunganya. Kemudian dibutuhkan contoh cara menghitung bunga pinjaman per bulan nantinya.

Sebelum mencoba untuk melakukan proses perhitungan tersebut, tentu saja ada beberapa hal yang lainnya yang dinilai penting untuk dikenali dahulu. Jangan sampai melewatkan informasi mengenai cara dan contoh perhitungannya dengan lebih detail melalui ulasan lengkap di bawah ini :

Apa Saja Macam Bunga Pinjaman?

Sebelum mengetahui jenis informasi yang menguraikan secara lengkap tentang contoh cara menghitung bunga pinjaman per bulan, ada informasi penting lainnya. Setiap orang yang mengajukan proses pinjaman baik secara langsung maupun secara online tentu saja perlu mengenali jenis bunganya terlebih dahulu. Apalagi jika ternyata bunganya tersebut dilengkapi dengan tenor yang panjang.

  • Bunga tetap: Sebenarnya secara lebih lengkap dan detail, telah dikenal dua jenis bunga pinjaman yang seringkali diterapkan terutama pada masa sekarang ini. Ada sebuah bunga pinjaman yang dikenal dengan nama bunga tetap yang memang menerapkan jumlah yang sama dalam kurun waktu tertentu. Walaupun begitu perhitungan jenis bunga ini tetap dibedakan menjadi beberapa.
  • Bunga mengambang. Sementara itu, ada juga sebuah bunga pinjaman yang dikenal dengan istilah bunga mengambang yang biasanya dihindari oleh para pemohon pinjaman. Hal ini dikarenakan jenis bunga pinjaman terkadang dinilai lebih banyak memberikan kerugian dalam jangka yang panjang dengan tenor yang besar. Selain itu, hanya sedikit yang menggunakan bunga ini sebagai pilihannya.

Kemudian secara lebih detail lainnya, telah tersedia beberapa jenis contoh cara menghitung bunga pinjaman per bulan yang bisa disesuaikan nantinya. Apalagi biasanya beberapa orang juga masih mengalami kebingungan dalam melakukan proses perhitungan bunga pinjaman yang tetap terutama untuk setiap bulan. Belum lagi jika persentase bunganya memang memiliki kategori yang besar.

Contoh Perhitungan Bunga Pinjaman Flat

Kali ini, akan dijelaskan secara lebih detail terkait dengan contoh cara menghitung bunga pinjaman per bulan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Namun sebaiknya kenali terlebih dahulu bahwa jenis penjelasan yang pertama ini sejak awal dikhususkan untuk perhitungan bunga berupa bunga flat. Silakan simak informasinya berikut ini agar nanti semakin mudah menghitungnya :

  • Silakan awali dengan mengetahui bahwa rumus yang bisa digunakan untuk contoh pertama ini adalah seperti rumus  (p * l * t) / jb.
  • Untuk penjelasannya, p itu adalah jumlah uang pinjaman, l itu untuk bunga. Sementara itu, t adalah tenor sementara jb adalah bulannya.
  • Setelah itu, mulai dengan mencatat setiap informasi yang penting misalnya berupa pokok pinjaman sekitar Rp120 juta dan bunga 10 persen.
  • Selain itu, untuk tenornya adalah sekitar satu tahun sehingga nanti perlu dibagi dahulu pokok pinjamannya untuk setiap bulan khusus pembayarannya.
  • Kemudian, contoh cara menghitung bunga pinjaman per bulan  adalah mulai dari perhitungan pokoknya menjadi Rp120 juta dibagi 12 = Rp10 juta.
  • Sementara itu, bunganya dihitung dengan Rp120 juta dikali 10 persen dibagi 12 menjadi Rp1 juta. Nantinya Rp1 juta dijumlah Rp 10 juta menjadi Rp11 juta.

Contoh Perhitungan Bunga Pinjaman Efektif

Selanjutnya, ada juga jenis informasi yang lainnya yang menjelaskan mengenai jenis contoh cara menghitung bunga pinjaman per bulan dengan tepat. Kali ini, setiap orang bisa mengenali dan memahami dengan lebih detail tata cara perhitungan bunga pinjaman efektif yang memang benar. Untuk informasinya yang lebih detail, silakan simak uraian berikut ini :

  • Untuk contoh cara menghitung bunga pinjaman per bulan  ini, maka rumusnya adalah seperti sp * i * (30/360) dan pastikan memahaminya.
  • Keterangan secara lengkapnya adalah sp mewakili saldo pokok sementara untuk i adalah persentase bunganya,
  • Langsung saja memulai dengan contoh misalnya jumlah pinjaman Rp120 juta dengan bunga 10 persen sementara tenor yang digunakan 12 bulan.
  • Hitung cicilan bentuk pokoknya dengan membagikan Rp120 juta dengan 12 bulan sehingga dihasilkan Rp10 juta untuk dibayarkan setiap bulan.
  • Untuk bulan pertama, setiap orang bisa membayar seperti halnya hasil perhitungan bunga flat karena belum ada perubahan dalam kategori bunganya.
  • Sedangkan untuk bulan kedua, Rp120 juta perlu dikurangi dengan (2-1) sebelum dikalikan dengan Rp10 juta dan masih dikalikan persentase bunga. Setelah itu, jangan lupa membaginya dengan 12 untuk per bulan.
  • Kemudian jumlahkan Rp10 juta dengan jumlah bunganya yaitu Rp916.667 untuk dibayarkan pada bulan kedua.

Contoh Perhitungan Bunga Pinjaman Anuitas

Kemudian ada juga jenis informasi yang lainnya yang jangan sampai ketinggalan tentang contoh cara menghitung bunga pinjaman per bulan nantinya. Namun sejak awal jenis cara ini hanya dikhususkan untuk jenis bunga pinjaman anuitas sehingga sebaiknya disiapkan dan disesuaikan terlebih dahulu. Langsung saja simak informasi berikut ini terkait dengan contoh perhitungannya :

  • Sebaiknya ketahui dahulu bahwa contoh yang terakhir ini menggunakan perhitungan bunga dengan rumus khusus seperti rumus sp * i * (30/360).
  • Kemudian ketahui pula bahwa sp mewakili saldo pokok dari pinjaman yang ada di bulan sebelumnya sedangkan i mewakili bunga setahun.
  • Mari dimulai lagi dengan menjadikan pokok pinjamannya berupa Rp120 juta sedangkan bunganya adalah 10 persen dan tenornya adalah 12 bulan.
  • Untuk jenis contoh yang terakhir ini mungkin agak sulit untuk dipahami sehingga mulai dari 1 – (1 + 1/12) dan dipangkat.
  • Setelah itu, 1/12 perlu dibagi lagi dengan hasil rumus yang sebelumnya sehingga menghasilkan jumlah sekitar Rp549.906,- sementara ini.
  • Nantinya tinggal saja jumlah tersebut ditambah dengan pokok pinjaman selama setiap bulan dan bisa dibayarkan sesuai dengan tenggat yang ada.

Penjelasan secara lengkap mengenai contoh cara menghitung bunga pinjaman per bulan di atas tentunya jangan sampai ketinggalan untuk diketahui. Apalagi jika ternyata setiap orang ingin segera melakukan proses perhitungan terkait dengan jenis bunga pinjaman yang dimiliki agar lebih mudah. Belum lagi jika ternyata bunga tersebut dimiliki dalam waktu lama.

Leave A Comment