• Home
  • Pinjaman Online Syariah Ini Telah Terdaftar di OJK, Apa Saja?

Pinjaman Online Syariah Ini Telah Terdaftar di OJK, Apa Saja?

Dalam kehidupan, berbagai situasi tak terduga bisa terjadi begitu saja. Untuk mengatasi hal ini, seringkali masyarakat mengandalkan situs untuk meminjam uang secara online. Tidak jarang juga yang mencari pinjaman online Syariah sehingga terbebas dari riba. Kemajuan ini tentu menjadi ide yang cemerlang di tengah masyarakat Indonesia yang didominasi oleh Muslim.

Pinjaman online yang berbasis Syariah merupakan P2P yang menawarkan program berupa peminjaman uang sesuai dengan Syariat Islam. Sebagai alternatif untuk meminjam uang, banyak masyarakat mempercayakan layanannya. Dengan berbasis hukum Islam, dapat meningkatkan rasa aman dan percaya pada peminjam. Agar bisa menemukan pinjaman online bersifat Syariah yang terpercaya, simak daftar berikut :

1. Investree

Investree adalah pelopor dari P2P Indonesia. Perusahaan ini juga menyediakan program yang diperuntukkan bagi penduduk muslim yang ingin meminjam uang dengan basis Syariah. Dari pendanaan maupun pembiayaan, Investree menawarkan keduanya. Jenis dana yang ditawarkan perusahaan ini yaitu pembiayaan untuk modal kerja berdasarkan tagihan berjalan.

Untuk itu, dapat dikatakan produknya merupakan pinjaman yang bersifat produktif untuk usaha. Fitur pembiayaannya sendiri yaitu fasilitas pembiayaan paling banyak 80% dari invoice, maksimal 2 miliar tiap invoice.

Jangka waktu yang dibutuhkan untuk pembiayaan ini disesuaikan jatuh temponya, atau maksimal 6 bulan yang beserta pertimbangan serta analisa dari Investree. Sebagai contoh, tagihan bisnis peminjam adalah 2 miliar untu dasar pinjaman. Berarti, pinjaman yang dapat diperoleh urang lebih 1.6 miliar.

2. Duha Syariah

Layanan dari perusahan ini menawarkan pinjaman online Syariah yang mudah, transparan, dan tentunya bebas dari riba. Aplikasi untuk pinjaman online ini telah dinaungi OJK sehingga keamanannya bisa dipastikan. Konsepnya adalah, pemberi serta penerima pembiayaan dipertemukan untuk transaksi pembelian barang atau jasa sesuai prinsip syariah.

Semua pinjaman wajib dilakukan dari aplikasi untuk menghindari terjadinya riba. Apps ini bisa didapatkan melalui Play Store. Pengguna dapat menentukan pilihannya dari dua layanan yang tersedia yaitu “Pendanaan Syariah” serta “Pembiayaan Syariah”.

3. Ammana

Sesuai dengan namanya, pinjaman online Syariah ini bertujuan menjadi wadah untuk peminjaman uang yang amanah. Melalui Ammana, pendana (lender) akan dihubungkan denagn pihak peminjam (borrower). Pendana akan menjadi “pahlawan” bagi peminjam yang sedang berjuang untuk mengatasi kesulitannya.

Sasaran utama Ammana yaitu UMKM yang sedang memerlukan modal untuk usaha. Pinjaman ini sistemnya non direct funding. Artinya, pelaku UMKM harus menjadi bagian mitra keuangan syariah yang ada di Ammana.

4. Papitupi Syariah

Perusahaan yang merupakan bagian dari PT Piranti Alphabet Perkasa ini adalah penyedia layanan pinjaman uang yang bersifat syariah. Dengan taglinenya “Your Islamic crowdfunding”, Syarfi berkomitmen menjadi penghubung antara pendana dengan individu maupun perusahaan yang membutuhan untuk menjamin transaksi yang baik.

Keuntungan memanfaatkan layanan ini adlaah limitnya yang cukup besar yaitu 50 juta. Tenornya juga cukup panjang, mencapai 36 bulan sehingga tidak terlalu memberatkan peminjam. Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi yaitu WNI yang bekerja di perusahaan yang memiliki kerjasama dengan Papitupi. Selain itu usia minimalnya 21 tahun, dan telah bekerja paling tidak dua tahun.

5. Syarfi

Syarfi merupakan salah satu P2P yang sudah terdaftar OJK. Perusahaan yang merupakan bagian dari Fintech Syariah ini bertujuan untuk menghubungkan dua pihak, yaitu pemilik dana dengan peminjam.

Keunggulannya, pemilik dana ini juga bisa berasal dari luar Indonesia sehingga tersedia banyak bantuan bagi WNI yang sedang memerlukan dana secara cepat. Dana yang merupakan hasil perantara Syarfi ini bisa digunakan untuk berbagai pembiayaan usaha maupun layanan bagi individu maupun perusahaan.

6. Danakoo

Pinjaman online Syariah berikutnya yang telah terdaftar resmi di OJK adalah Danakoo. Produk yang tersedia dalam P2P ini ada dua jenis, yaitu pinjaman multiguna dan multijasa. Kelebihan memanfaatkan pembiayaan Danakoo yaitu proses yang mudah dan cepat, dimana permohonan untuk pembiayaan bisa diajukan kapan saja.

Platform pembiayaannya tinggi, dan jangka waktu untuk pembiayaan relatif fleksibel sesuai kebutuhan. Dari segi imbal hasil, di Danakoo pembagian untuk imbal hasil serta biaya transaksinya sangat terjangkau.

7. Dana Syariah

Memerlukan dana tambahan untuk pendanaan proyek properti secara halal dan mudah? Dana Syariah bisa menjadi salah satu pertimbangan. Pasalnya, P2P yang merupakan bagian dari PT Dana Syariah ini menawarkan pinjaman online dengan dasar nilai syariah dalam Islam.

Fokus pemberian dana yang tersedia di sini yaitu layanan untuk “Pendanaan Syariah” serta “Pembiayaan Syariah” yang diperuntukkan bagi individu maupun pemilik usaha. Tujuan utamanya adalah memberikan manfaat serta bagi hasil secara halal, terhindar dari maisir, garar, maupun riba.

8. Alami Syariah

Terakhir ada Alami Syariah, perusahaan P2P yang menawarkan layanan berbasis Syariah dan sudah tercatat dalam OJK. Perusahaan ini mempertemukan pihak UKM dengan pihak yang memberikan pendanaan. Jenis pembiayaannya bernama “Invoice financing” yang dimulai dari angka 50 juta hingga maksimal 2 miliar.

Beberapa alasan yang membuat banyak orang mempercayakan transaksi di Alami Syariah yaitu sistem imbal jasa yang kompetitif, aman, dan tetap patuh dengan syariah. Tentunya dilengkapi pendanaan berkualitas berupa sistem penilaian serta analisa risiko yang memadai dan telah terintegrasi dengan teknologi.

Itu tadi daftar pinjaman online Syariah dengan kualitas terbaik yang telah mengantongi izin dari OJK. Dengan izin tersebut, nasabah bisa mempercayakan jasa pinjaman online tersebut untuk transaksi yang aman dan tetap berbasis nilai Islam.

Terlebih lagi, semua pinjaman online yang disebutkan telah berbasis analisa risiko maupun pembagian hasil yang aman dan tepat sasaran. Sebagai peminjam, perjanjian yang dibuat haruslah ditepati dengan disiplin untuk menjamin hubungan baik kedua pihak.

Leave A Comment